Langsung ke konten utama

Kehebatan Angkatan Laut Jepang Ketika PD2

Seperti kita ketahui, Jepang merupakan salah satu negara adidaya. Begitu juga ketika PD2, Jepang merupakan salah satu penyebab terjadinya PD2. Jika kita membahas kehebatan Angkatan perang jepang pasti tidak luput dari kehebatan Angkatan Lautnya, penasaran bagaimana kehebatan Angkatan Laut jepang? berikut ini beberapa ulasan tentang kehebatan Angkatan Laut Jepang.

Salah satu kehebatannya adalah
Kapal Tempur Kelas Yamato
Kapal perang Yamato-kelas (大 和 型 戦 艦 Senkan Yamato-gata?) Adalah kapal perang dari Angkatan Laut Kekaisaran Jepang (IJN) yang dibangun dan dioperasikan selama Perang Dunia II. Dengan berat 72.000 ton (73.000 t) pada saat muatan penuh,ini merupakan kapal tempur terberat dan paling kuat yang pernah dibangun. Kapal kelas ini bersenjatakan artileri laut terbesar yang pernah dipasang pada kapal tempur, sembilan meriam 460 milimeter (18,1 in) yang masing-masing mampu menembakkan peluru 1.360 kg (3.000 lb) sampai radius lebih dari 42 km (26 mil). Dua kapal tempur kelas ini (Yamato dan Musashi) diselesaikan, sementara yang ke-tiga (Shinano) dialihkan ke sebuah kapal indukselama konstruksi.

Karena ancaman kapal selam Amerika dan kapal induk, baik Yamato dan Musashi menghabiskan sebagian besar karier mereka di pangkalan angkatan laut di Brunei, Truk, dan Kure―dikerahkan pada beberapa kesempatan untuk menanggapi serangan Amerika pada pangkalan militer Jepang―sebelum berpartisipasi dalam Pertempuran Teluk Leyte pada bulan Oktober tahun 1944, yang merupakan armada utama Laksamana Kurita. Musashi tenggelam selama pertempuran oleh serangan udara Amerika . Shinano tenggelam sepuluh hari setelah penugasannya nya pada bulan November 1944 oleh kapal selam USS archerfish, sementara Yamato tenggelam pada bulan April 1945 selama Operasi Ten-Go.

1.Kapal tempur Jepang Yamato

Yamato (大和?) adalah kapal tempurAngkatan Laut Kekaisaran JepangdalamPerang Dunia II, sekaligus kapal utama dalam Armada Gabungan Jepang. Nama kapal ini diambil dari nama Provinsi Yamato. Sebagai kapal pertama dalam kelasnya, Yamato bersama kapal sekelasnya, Musashi merupakan kapal tempur terbesar dan terberat yang pernah dibangun. Berat kapal dengan muatan penuh 72.800 ton, dan dipersenjatai dengan sembilam meriam utama kaliber 46 cm (18,1 inci).

2.Kapal perang Jepang Musashi
Musashi (武蔵?) adalah kapal kelas-Yamato kedua dari kapal perang Perang Dunia 2 milik Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. kapal tempur Musashi dan kapal saudarinya, Yamato, adalah kapal perang bersenjata yang paling berat dan paing kuat yang pernah dibuat, mampu mengangkut 72.000 ton muatan dan dipersenjatai dengan sembilan senjata utama Type 94 46 cm (18.1 inch). Kapal ini tidak selamat dari peperangan.

3.Shinano

Shinano adalahkapal indukyang dibangun oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang (IJN) yang terbesar selamaPerang Dunia ke-II. Ditetapkan Mei 1940 sebagai kapal kelas Yamato ketiga. Diganti menjadi kapal induk untuk menutupi kekurangan kapal induk karena kekalahan Jepang di Pertempuran Midway. Penyatuan antara lambung kapal tempur dan struktur kapal induk memang menjadi kelemahan, tetapi kapal ini bisa dipasang hangar 'terbuka' dan dek landasan pacu yang terlindungi.

itulah beberapa kehebatan Angkatan Laut Jepang yang berhasil kami rangkum, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini